Minggu, 12 Juni 2011

Gunung Bulusan Meletus Di Irosin Gemparkan Filipina

Gunung Bulusan 
Meletus

Wilayah Irosin dikejutkan dengan Meletusnya Gunung Bulusan. Gunung ini meletus pada hari Senin pukul 9.15 pagi kemarin. sayangnya, belum ada laporan mengenai kerugian dan korban jiwa akibat letusan gunung ini.


Gunung api Bulusan memiliki ketinggian 1.559 meter ini mengeluarkan abu dan uap setinggi 2 hingga 2,5 kilometer dari kawahnya. The Philippine Daily memposting fotonya langsung dari kota irosin yang berpenduduk 46.000 jiwa.

Mount Bulusan Erupts

Wartawan Harold Geronimo Manila, Filipina, adalah orang pertama melaporkan letusan di Twitter, pengiriman ini tweet dari Blackberry hanya beberapa menit setelah letusan.

Hingga sekarang, semburan abu yang berada di Irosin telah mengurangi daya pengelihatan dibtempat itu. Komunikasi untuk ke tempat tersebutbpun masih sulit.

Gunung Bulusan terakhir meletus antara Maret dan Juni 2006 dan merupakan salah satu dari 23 gunung berapi aktif di Filipina, lokasinya di jalur Cincin Api Samudra Pasifik.

Aktifitas Gunung Bulusan ini sebenarnya sudah meningkat sejak November 2010 lalu. dan Senin (21/2/2011) sore, pemerintah Filipina telah mengevakuasi kurang lebih 2.000 warga kedaerah - daerah yang relatif aman.

Mereka dievakuasi menggunakan truk-truk militer untuk proses evakuasi tersebut. Dalam proses ini, penduduk yang tinggal di kaki gunung adalah prioritas penyelamatan.

pemerintah telah menetapkan radius bahaya pada jarak 4 kilometer dari Bulusan yang merupakan gunung tertinggi di Sorsogon dan memiliki area seluas 3.672 hektare. (iyan Berbagi)
 
 
Posted on



  • by
  • Iyandiansyah


  • in
  • Label:

  • Tidak ada komentar:

    Posting Komentar