Minggu, 12 Juni 2011

Penelitian Ungkapkan Berpelukan Bisa Menghilangkan Stress

http://manequinism.files.wordpress.com/2011/01/rlalu-gi.jpeg

Peneliti mengungkapkan bahwa memegang tangan orang itu cintai bisa mengurangi rasa sakit tekanan bahkan stress. Peneliti dari University of California mengungkapkan untuk wanita, sentuhan atau melihat orang yang dicintainya bisa menjadi anestesi tersendiri baginya. Bahkan foto orang yang dicintai sudah dapat berpengaruh pada dirinya.

Dalam penelitian ini mereka melibatkan 25 relawan yang kebanyakan mahasiswa dan memiliki hubungan yang baik dengan pacarnya dan harus telah menjalaninya selama minimal 6 bulan.

Hasil penelitian mengungkapkan wanita yang diberikan sedikit rasa hangat seperti terbakar, akan berkurang rasa stress dan tekanannya cukup dengan memandang foto orang yang dicintai. Efek anestesi serupa juga bisa ditemukan jika seseorang berpegangan tangan dengan pasangannya ketika ada rangsangan rasa panas yang agak menyakitkan.


Selain itu juga diketahui rasa nyeri yang muncul ketika berpegangan atau berpelukan sangat sedikit, dibandingkan dengan memegang tangan orang lain atau bola.

Dari Hasil ini juga sekaligus megungkapkan mengapa seorang ibu bisa memberikan kenyamanan yang baik untuk anaknya dengan memberikan pelukan atau menciumnya.


Beberapa pengobatan penyakit fisik juga menggunakan cara berpelukan sebagai salah satu metodenya, karena sentuhan yang terjadi bisa merangsang ujung saraf sehingga dapat membantu mengurangi rasa sakit dan pasien akan merasa lebih nyaman.

Terapi sentuh diakui bisa membantu proses penyembuhan karena sentuhan sapat memunculkan kenyamanan dan melepaskan hormon oksitosin. Sentuhan digunakan untuk membantu menghilangkan rasa sakit, depresi, kecemasan serta juga dapat membantu bayi prematur agar tetap tumbuh dan juga berkembang.

Memeluk bisa memberikan emosi positif yang membuat orang merasa lebih baik karena memiliki efek menenangkan dan juga mengurangi kadar stres. bahkan ini juga berlaku ketika orang memeluk binatang kesayangannya
 
Posted on



  • by
  • Iyandiansyah


  • in
  • Label:

  • Tidak ada komentar:

    Posting Komentar